Untuk menyikapi anjuran #dirumahaja, ada baiknya Anda mulai melihat peluang bisnis online. Sebab, bisnis konvensional dengan pemasaran offline terkena dampak yang paling besar dengan kondisi saat ini.

Anda bisa memulainya dengan memikirkan bisnis apa yang tepat. Ada banyak pilihan bisnis online, beberapa diantaranya bahkan bisa dimulai tanpa modal.

Di artikel ini, kami mencoba merangkum daftar bisnis tersebut untuk Anda. Cukup sesuaikan dengan keahlian dan minat yang Anda miliki.

1. Melakukan Dropshipping

Inilah bisnis online tanpa modal pertama yang bisa Anda coba. Dropshipping adalah bentuk bisnis di mana Anda menjual produk orang lain.

Penghasilan dropshipper berasal dari selisih harga, dari yang dibayarkan oleh pembeli, ke yang Anda bayarkan untuk supplier.

Tak seperti reseller, Anda tak perlu menyimpan barang sebelum menjualnya lagi. Jadi, tak perlu repot membuat gudang sendiri.

Lalu, bagaimana sistemnya?

Anda cukup bekerja sama dengan supplier, lalu memasarkan produk mereka. Bisa melalui website, media sosial dan lainnya.

Nah, pada saat pembeli menginginkan suatu barang, Anda menerima uang dari pembeli. Lalu, Anda membayarkan uang tersebut kepada supplier sesuai harga barang dan meminta supplier untuk langsung mengirim barang tersebut kepada pembeli.

Pilihan jenis produknya juga beragam. Mulai dari fashion dan kosmetik hingga produk kerajinan tangan.

2. Bergabung dengan Afiliasi

Hampir sama dengan dropshipping, afiliasi merupakan bisnis online tanpa modal dengan cara menjualkan produk pihak lain.

Bedanya, penghasilan Anda berasal dari komisi penjualan barang. Besarnya prosentase komisi Anda sesuai yang telah disepakati dengan penjual, bisa 20% atau 50%.

Afiliasi biasanya berupa sebuah program yang mengharuskan Anda untuk mendaftar. Contohnya, Program Afiliasi dari iHost.id.

Setelah bergabung, Anda akan mendapatkan kode kupon atau banner. Cukup pasang banner tersebut di website atau blog Anda, atau sebarkan kupon Anda melalui media sosial.

Setiap kali konsumen membeli produk menggunakan kupon tersebut, akan terhitung sebagai poin yang menjadi komisi Anda.

3. Menawarkan Jasa Tutor Online

Keahlian Anda dalam mengajar juga potensial untuk memulai bisnis online tanpa modal. Caranya, dengan menawarkan jasa tutor online, baik private maupun berkelompok.

Saat ini sudah banyak platform yang mendukung Anda menjalankan bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah SnapAsk dan Superproof. Untuk pangsa pasar luar negeri, ada Wyzant yang bisa juga Anda coba.

Sedikit berbeda dengan platform freelancer, beberapa platform tutor melakukan seleksi terlebih dahulu bagi calon tutor untuk dapat bergabung. Selanjutnya, Anda baru bisa mendapatkan konsumen yang ingin belajar topik tertentu.

Untungnya, Anda bisa mendaftar ke platform tersebut dengan gratis.

Di sisi lain, Anda juga bisa menjalankan bisnis online ini secara mandiri. Caranya, dengan memanfaatkan website portofolio dan media sosial untuk berpromosi keahlian Anda mengajar topik tertentu.

Teknis pelaksanaan tutor bisa menggunakan aplikasi yang mendukung video calling seperti WhatsAppZoomHangout dan lainnya. Tentukan di awal untuk memudahkan proses belajar mengajar.

Untuk memastikan pelaksanaan bisnis online ini berjalan baik, manajemen waktu sangat berperan. Pastikan Anda mengatur jadwal tiap kelas dengan tepat.

4. Menjadi Influencer

Anda tak perlu menjadi artis untuk bisa menekuni dunia influencer. Faktanya, banyak bisnis kecil dan menengah yang membutuhkan figur untuk mempromosikan produk mereka tapi dengan tarif terjangkau.

Ini bisa menjadi bisnis online yang dapat Anda coba. Sebab, influence marketing merupakan salah satu strategi dalam digital marketing yang masih akan terus digunakan oleh para pebisnis dalam upaya menjual produk.

Untuk menjadi seorang influencer, pastikan Anda memahami tingkatan Anda terlebih dahulu. Apakah influencer nano, mikro, makro atau premium? Hal ini penting untuk memastikan Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Jika sudah, sebagai langkah awal, Anda bisa bergabung ke salah satu platform influencer terlebih dahulu. Contohnya, SociaBuzz atau BuzzoHero.

5. Membangun Channel YouTube

Anda menganggap YouTube sekedar sarana hiburan? Pikirkan lagi. Kenyataannya, memulaibangun channel YouTube bisa menjadi ide bisnis online tanpa modal yang sangat menjanjikan. 

Bahkan, seorang YouTuber bisa mendapatkan uang hingga puluhan juta rupiah per bulan dari channel YouTube miliknya. Bagaimana caranya? 

Anda cukup membuat konten bermanfaat dan melakukan monetizing. Sumber penghasilan YouTube bisa dari iklan, afiliasi maupun penjualan produk Anda sendiri. Apa konten yang bisa Anda buat untuk menarik pengunjung? Cukup banyak pilihan, mulai dari gosip artis, tutorial makeup hingga informasi berita dan review produk. 

Membangun channel YouTube memang membutuhkan proses. Namun, jika pengunjung  Anda bertambah dan subscriber Anda meningkat, jumlah uang yang bisa Anda hasilkan juga cukup menjanjikan. 

Tertarik Mencoba Bisnis Online Pilihan Anda?

Itulah berbagai bisnis online yang ada di daftar kami. Sebagian besar merupakan bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba setelah membaca artikel ini.

Sekali lagi, sesuaikan bisnis yang ingin Anda jalankan dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Sebab, proses meraih kesuksesannya bisa saja membutuhkan waktu.

Agar sekaligus membangun reputasi online Anda, selalu manfaatkan website pribadi untuk mendukungnya. Selain terlihat lebih profesional, akan menjadi branding yang penting untuk pengembangan usaha untuk jangka panjang.